Wednesday, July 29, 2015

Tolitoli

hallo blogger. Mungkin kalian masih asing dengan kata Tolioli. Tolitoli adalah salah satu kabupaten kecil yang terletak di Sulawesi Tengah. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.079,6 km² dan berpenduduk sebanyak 173.840 jiwa. Tolitoli mempunyai beberapa kecamatan seperti. Kabupaten ini terkenal akan penghasil cengkeh terbesar, sehinnga kabupaten ini dijuluki Kota Cengkeh.

Wisata Alam Di Tolitoli
Tolitoli memiliki beberapa wisata alam di antaranya :
1. Pulau Lutungan
Pulau lutungan dapat ditempuh selama 25 menit dari tolitoli dengan menggunakan perahu. Lutungan terkenal akan kemistisan dan keindahan pantainya. Di Lutungan terdapat makam Raja Tolitoli yang bernama Raja Syaifuddin Bantilan.


2. Pulau Lingayan
Akses menuju Pulau Lingayan tidak sulit. Perjalanan selama 5 – 6 jam dapat ditempuhdengan mobil sewa atau mobil penumpang umum dari Palu menuju Ogotua. Tempat ini bisa dijadika spot yang menarik utuk menyelam. terdapat banyak ikan hias dan terumbu karang

3. Tanjung Matop
Tanjung Matop terletak di Desa Pinjan dengan jarak sekitar 95 Km ke utara kota tolitoli. Tanjung Matop merupakan tempat habitat burung Maleo. Burung Maleo ada burung khas endemik  Sulawesi Tengah.

4. Pulau Kapas
Pulau kapas terletak di kecamatan Tolitoli utara. Pulau kapas terkenal akan keindahan Taman bawah lautnya.
ini juga bebeapa keindahan pulau kapas yang saya ambil dari blog 

sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Tolitoli, tapi yang diatas adalah sebagian tempat yang sering di kunjungi wisatawan.

Makanan Khas Tolitoli
Sebenarnya saya kurang mengetahui makanan khas Tolitoli, tapi ada beberapa makan khas yang berasal dari Sulawesi Tengah seperti:

1.Kaledo
Kaledo merupakan makanan khas Palu, Ibu Kota Sulawesi Tengah. Kaledo mempunyai bahan dasar dari tulang sapi, kaledo biasa disajikan dengan ubi rebus.
2. Onyop
Onyop adalah makanan khas Kabupaten Luwuk. Onyop banyak dijumpai di beberapa wilayah bagian timur dengan nama yang berbeda-beda. Bahan dasar onyop adalah sagu. Onyop sering disajikan dengan ikan kuah asam. mungkin kalau di Papua onyop dikenal dengan nama Popeda. yang membdakan onyop dengan poped adalah onyop disajikan dengan ikan kuah asam kalau popeda lebih banyak kesayur-sayuran.

No comments:

Post a Comment